RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran : Instalasi Komputer
Kelas / Semester : X / Genap
Pertemuan Ke- : 1 s/d 3
Alokasi Waktu : 3(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Melakukan Instalasi Sistem Operasi
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang di anutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoria dalam
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas pesifik di
bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam
dan jagad raya.
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab dalam
menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
3.1.
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
a.
Paket instalasi sistem operasi yang legal disediakan dalam media penyim-panan yang
sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
b.
Installation Manual sistem operasi sudah disediakan dan dipahami
c.
Perangkat
komputer sudah dinyalakan, dengan persyaratan hardware sesuai dengan
Installation Manual
d.
Media paket instalasi sistem operasi dipasang dan siap diakses.
e.
Log-sheet/report-sheet telah disiapkan
4.1.
Mencoba untuk membuat perencanaan dalam melakukan langkah-langkah
instalasi komputer
a.
Menyajikan informasi mengenai paket instalasi sistem operasi yang
legal disediakan dalam media
penyim-panan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
b.
Menyajikan informasi dan memahami mengenai installation Manual sistem
operasi
c.
Menyediakan
informasi dan menyalakan perangkat komputer sesuai dengan persyaratan hardware
sesuai dengan Installation Manual
d.
menyediakan paket instalasi sistem operasi dipasang dan siap diakses.
e.
Menyajikan informasi dan mempersiapkan Log-sheet/report-sheet
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui praktek diharapkan peserta didik mampu membuat paket instalasi
sistem operasi yang legal disediakan
dalam media penyim-panan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
2.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mempu
menyediakan dan memahami Installation Manual sistem operasi
3.
Melalui
penjelasan dan praktik diharapkan peserta didik mampu menyalakan perangkat
komputer dengan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual
4.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu memasang
media paket instalasi sistem operasi hingga siap diakses
5.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu
mempersiapkan Log-sheet/report-sheet
D.
Materi
Pembelajaran
1. Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis GUI
2.
Konsep dasar manajemen media penyimpan
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f.
Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan komputer.Madiun:Penerbit
Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang memilih sistem operasi yang akan diinstall secara teliti
Menanya
1. Siswa berdikusi dalam mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang
sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
2. Siswa berdikusi cara memasang media
paket instalasi sistem operasi.
Menalar
1. Siswa mencoba mencari software lain untuk digunakan
dalam instalasi
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara
berkelompok mempraktekkan cara melakukan
instalasi sesuai dengan langkah-langkah instalasi yang sudah dijelaskan oleh
guru
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang memilih sistem operasi yang akan diinstall secara teliti
Menanya
1. Siswa berdikusi dalam mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang
sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
2. Siswa berdikusi cara memasang media
paket instalasi sistem operasi.
Menalar
1. Siswa mencoba mencari software lain untuk digunakan
dalam instalasi
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara
berkelompok mempraktekkan cara melakukan
instalasi sesuai dengan langkah-langkah instalasi yang sudah dijelaskan oleh
guru
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang memilih sistem operasi yang akan diinstall secara teliti
Menanya
1. Siswa berdikusi cara memasang media
paket instalasi sistem operasi.
2. Siswa berdikusi dalam mengidentifikasikan jenis-jenis file yang digunakan dalam instalasi
sistem operasi
Menalar
1. Siswa mencoba mencari software lain untuk digunakan
dalam instalasi
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara
berkelompok mempraktekkan cara melakukan
instalasi sesuai dengan langkah-langkah instalasi yang sudah dijelaskan oleh
guru
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
a.
Bentuk instrumen
1) Test : Test Uraian
b.
Instrumen
1) Test (Terlampir)
3.
Pedoman penskoran (Terlampir)
........................................., ....... ...................... 2014
Mengetahui;
Kepala
SMK.......................
...............................,
Guru
Mata Pelajaran,
........................................... ...............................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran : Instalasi Komputer
Kelas / Semester : X / Genap
Pertemuan Ke- : 4 s/d 5
Alokasi Waktu : 2(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Melakukan Instalasi Sistem Operasi
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang di anutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoria dalam
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas pesifik di
bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya.
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.
Menunjukkan perilaku jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggung jawab dalam menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
3.1.
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
a.
Paket instalasi sistem operasi yang legal disediakan dalam media penyim-panan yang
sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
b.
Installation Manual sistem operasi sudah disediakan dan dipahami
c.
Perangkat
komputer sudah dinyalakan, dengan persyaratan hardware sesuai dengan Installation
Manual
d.
Media paket instalasi sistem operasi dipasang dan siap diakses.
e.
Log-sheet/report-sheet telah disiapkan
4.1.
Mencoba untuk membuat perencanaan dalam melakukan langkah-langkah
instalasi komputer
a.
Menyajikan informasi mengenai paket instalasi sistem operasi yang
legal disediakan dalam media
penyim-panan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
b.
Menyajikan informasi dan memahami mengenai installation Manual sistem
operasi
c.
Menyediakan
informasi dan menyalakan perangkat komputer sesuai dengan persyaratan hardware
sesuai dengan Installation Manual
d.
menyediakan paket instalasi sistem operasi dipasang dan siap diakses.
e.
Menyajikan informasi dan mempersiapkan Log-sheet/report-sheet
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui praktek diharapkan peserta didik mampu membuat paket instalasi
sistem operasi yang legal disediakan
dalam media penyim-panan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
2.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mempu
menyediakan dan memahami Installation Manual sistem operasi
3.
Melalui
penjelasan dan praktik diharapkan peserta didik mampu menyalakan perangkat
komputer dengan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual
4.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu memasang
media paket instalasi sistem operasi hingga siap diakses
5.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu
mempersiapkan Log-sheet/report-sheet
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Jenis-jenis sistem operasi berbasis GUI
2.
Jenis dan cara pengaturan BIOS
3.
Jenis-jenis file dan aplikasinya
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f.
Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang konsep dasar sistem operasi berbasis GUI.
Menanya
1. Siswa berdikusi dalam mengidentifikasikan jenis-jenis file yang digunakan dalam instalasi
sistem operasi
2. Siswa
berdiskusi dalam menyediakan perang-kat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi
sistem operasi berbasis GUI
Menalar
1. Siswa mencoba mencari software lain untuk digunakan
dalam instalasi
2. Siswa mencari cara lain untuk mengatur BIOS
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara
berkelompok mempraktekkan cara melakukan
instalasi sesuai dengan langkah-langkah instalasi yang sudah dijelaskan oleh
guru
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 5
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang konsep dasar sistem operasi berbasis GUI.
Menanya
1. Siswa berdikusi dalam mengidentifikasikan jenis-jenis file yang digunakan dalam instalasi
sistem operasi
2. Siswa
berdiskusi dalam menyediakan perang-kat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi
sistem operasi berbasis GUI
Menalar
1. Siswa mencari cara lain untuk mengatur BIOS
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara
berkelompok mempraktekkan cara melakukan
instalasi sesuai dengan langkah-langkah instalasi yang sudah dijelaskan oleh
guru
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
a.
Bentuk instrumen
1) Test : Test Uraian
b.
Instrumen
1) Test (Terlampir)
3.
Pedoman penskoran (Terlampir)
.........................................., .................................. 2014
Mengetahui;
Kepala
SMK .................................
.................................................,
Guru
Mata Pelajaran,
........................................................... ........................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran : Instalasi Komputer
Kelas / Semester : X / Genap
Pertemuan Ke- : 6 s/d 8
Alokasi Waktu : 3(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Melakukan Instalasi Sistem Operasi
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang di anutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoria dalam
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas pesifik di
bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya.
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai installation
manual
1.2.
Melaksanakan instalasi sistem
operasi sesuai installation manual
a.
Melaksanakan proses instalasi sistem operasi sesuai installation
manual
b.
Meng-copy seluruh file, icon, folder dan konfigurasi telah dan telah terkonfigurasi
c.
Memastikan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah
berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual
1.2.
Mencoba melakukan instalasi sesuai dengan instalation manual
a.
Menyajikan informasi mengenai pelaksanaan proses instalasi sistem
operasi sesuai installation manual
b.
Menyajikan informasi mengenai cara meng-copy seluruh file, icon, folder
dan terkonfigurasi
c.
Memeriksa pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil
dilaksanakan sesuai dengan installation manual
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek diharapkan peserta
didik mampu melaksanakan proses instalasi sistem operasi sesuai installation
manual
2.
Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek diharapkan peserta
didik mampu meng-copy seluruh file, icon, folder dan konfigurasi
3.
Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek diharapkan peserta
didik mampu memastikan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah
berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual
D.
Materi Pembelajaran
1. Langkah instalasi sistem operasi
2. Instalasi driver periferal pendukung
(misal : motherboard, vga, sound, nic, dan lain-lain)
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f.
Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 6
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan mengenai prosedur keamanan dan keselamatan
kerja(K3) dalam instalasi sistem operasi
2.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan mengenai langkah-langkah instalasi sistem
operasi
Menanya
1. Siswa berdikusi mengenai cara melaksanakan keamanan dan keselamatan kerja (K3) dalam instalasi
sistem operasi
2. Siswa berdikusi mengenai cara instalasi sistem operasi.
Menalar
1. Siswa mencari cara lain dalam menginstal sistem operasi berbasis GUI
Mengomunikasikan
1. Siswa secara berkelompok mempraktekkan menginstalasi sistem operasi dasar berbasis GUI
serta menginstal multi sistem operasi yang berbeda pada beberapa PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 7
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan mengenai prosedur keamanan dan keselamatan
kerja(K3) dalam instalasi sistem operasi
2.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan mengenai langkah-langkah instalasi sistem
operasi
Menanya
1. Siswa berdikusi mengenai cara melaksanakan keamanan dan keselamatan kerja (K3) dalam instalasi
sistem operasi
2. Siswa berdikusi mengenai cara instalasi sistem operasi
Menalar
1. Siswa mencari cara lain dalam menginstal sistem operasi berbasis GUI
2. Siswa
mencoba mencari cara lain dalam menginstal multi sistem operasi pada PC
Mengomunikasikan
1. Siswa secara berkelompok mempraktekkan menginstalasi sistem operasi dasar berbasis GUI
serta menginstal multi sistem operasi yang berbeda pada beberapa PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 8
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan mengenai langkah-langkah instalasi sistem
operasi
2.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan icon dan folder configurasi pada sistem operasi
berbasis GUI
Menanya
1. Siswa berdikusi mengenai cara instalasi sistem operasi.
2. Siswa
mempraktekkan cara mengintalasi sistem operasi berbasis GUI
Menalar
1. Siswa mencari cara lain dalam menginstal sistem operasi berbasis GUI
2. Siswa
mencoba mencari cara lain dalam menginstal multi sistem operasi pada PC
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara
berkelompok mempraktekkan menginstalasi sistem
operasi dasar berbasis GUI serta menginstal multi sistem operasi yang berbeda
pada beberapa PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
a.
Bentuk instrumen
1) Test : Test Uraian
d.
Instrumen
1) Test (Terlampir)
3.
Pedoman penskoran (Terlampir)
............................................,
...............................2014
Mengetahui;
Kepala
SMK .................................
..................................................,
Guru
Mata Pelajaran,
........................................................ ..................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NOMOR : 01 / RPP
/KTSP/2014
Identitas Sekolah :
SMK Swasta Teladan
Mata Pelajaran : Instalasi Komputer
Kelas / Semester : X / Genap
Pertemuan Ke- : 9 s/d 10
Alokasi Waktu : 2 (3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Melakukan Instalasi Sistem Operasi
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang di anutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoria dalam
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas pesifik di
bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya.
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai installation
manual
1.2.
Melaksanakan instalasi sistem
operasi sesuai installation manual
a.
Melaksanakan proses instalasi sistem operasi sesuai installation
manual
b.
Meng-copy seluruh file, icon, folder dan konfigurasi telah dan telah terkonfigurasi
c.
Memastikan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah
berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual
1.2.
Mencoba melakukan instalasi sesuai dengan instalation manual
a.
Menyajikan informasi mengenai pelaksanaan proses instalasi sistem
operasi sesuai installation manual
b.
Menyajikan informasi mengenai cara meng-copy seluruh file, icon, folder
dan terkonfigurasi
c.
Memeriksa pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil
dilaksanakan sesuai dengan installation manual
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek diharapkan peserta
didik mampu melaksanakan proses instalasi sistem operasi sesuai installation
manual
2.
Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek diharapkan peserta
didik mampu meng-copy seluruh file, icon, folder dan konfigurasi
3.
Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek diharapkan peserta
didik mampu memastikan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah
berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual
D.
Materi Pembelajaran
1. Instalasi driver periferal pendukung
(misal : motherboard, vga, sound, nic, dan lain-lain)
2. Pengaturan konfigurasi pada sistem operasi (Misal : pengaturan user, time zone, dan lain-lain)
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f.
Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 9
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan icon dan folder configurasi pada sistem operasi
berbasis GUI
2. Siswa mengamati dan mempersiapkan media instalasi untuk
sistem operasi (mempartisi, memformat, dan lain-lain)
Menanya
1. Siswa
mempraktekkan cara mengintalasi sistem operasi berbasis GUI
2. Siswa
mempraktekkan cara mengatur konfigurasi sistem operasi
Menalar
1. Siswa
mencoba mencari cara lain dalam menginstal multi sistem operasi pada PC
2. Siswa
mencoba mencari cara lain dalam mengatur configurasi sistem operasi
Mengomunikasikan
1. Siswa secara berkelompok mempraktekkan menginstalasi sistem operasi dasar berbasis GUI
serta menginstal multi sistem operasi yang berbeda pada beberapa PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 10
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati
dan mendengarkan penjelasan icon dan folder configurasi pada sistem operasi
berbasis GUI
2. Siswa mengamati dan mempersiapkan media instalasi untuk
sistem operasi (mempartisi, memformat, dan lain-lain)
Menanya
1. Siswa
mempraktekkan cara mengatur konfigurasi sistem operasi
2. Siswa
berdiskusi cara menginstal multi sistem operasi pada sebuah PC
Menalar
1. Siswa
mencoba mencari cara lain dalam mengatur configurasi sistem operasi
Mengomunikasikan
1. Siswa secara berkelompok mempraktekkan menginstalasi sistem operasi dasar berbasis GUI
serta menginstal multi sistem operasi yang berbeda pada beberapa PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
a.
Bentuk instrumen
1) Test : Test Uraian
b.
Instrumen
1) Test (Terlampir)
3.
Pedoman penskoran (Terlampir)
................................................................. 2014
Mengetahui;
Kepala
SMK .....................................
....................................................,
Guru
Mata Pelajaran,
.............................................................. ...........................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran : Instalasi Komputer
Kelas / Semester : X / Genap
Pertemuan Ke- : 11 s/d 14
Alokasi Waktu : 4 (3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Melakukan Instalasi Sistem Operasi
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang di anutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoria dalam
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas pesifik di
bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya.
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.
Menghargai kerja individu dan kelompok serta perilaku jujur dalam
melakukan pengecekan hasil instalasi menggunakan software (sampling)
1.3.
Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
a.
Sistem operasi dijalankan secara sampling tanpa error
b.
Sistem
operasi ditutup tanpa error
1.3.
Melakukan pengecekan hasil instalasi menggunakan software (sampling)
pada instalasi software yang berbeda
a. Menjalankan instalasi sistem operasi menggunakan
software (sampling) tanpa error
b. Menutup hasil pengecekan instalasi sistem operasi
menggunakan software (sampling) tanpa error
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek
diharapkan peserta didik mampu menjalankan hasil instalasi sistem operasi
sampling tanpa error
2. Melalui membaca buku teks, penjelasan dan praktek
diharapkan peserta didik mampu menutup hasil pengecekan sistem operasi secara
sampling tanpa error
D.
Materi Pembelajaran
1. Mengoperasikan sistem operasi
2. Mengoperasikan Software (sampling)
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f.
Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 11
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan
mengenai cara mengecek hasil instalasi
Menanya
1.
Siswa berdikusi cara melaksanakan pengecekan
hasil instalasi secara teliti dan tidak buru-buru
Menalar
1.
Siswa mencari jenis-jenis software
yang dapat digunakan untuk mengecek hasil dari instalasi sistem operasi
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara individu atau kelompok
melaksanakan pengecekan hasil instalasi sistem operasi termasuk menjalankan
dan menutup sistem operasi pada sebuah PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 12
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan
mengenai cara mengecek hasil instalasi
2. Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam mendengarkan penjelasan
guru mengenai jenis-jenis software yang akan digunakan
Menanya
1.
Siswa berdikusi cara melaksanakan pengecekan
hasil instalasi secara teliti dan tidak buru-buru
2.
Siswa berdiskusi cara
menentukan jenis software yang akan digunakan dalam melaksanakan pengecekan
hasil instalasi sistem operasi
Menalar
1.
Siswa mencari jenis-jenis software
yang dapat digunakan untuk mengecek hasil dari instalasi sistem operasi
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara individu atau kelompok
melaksanakan pengecekan hasil instalasi sistem operasi termasuk menjalankan
dan menutup sistem operasi pada sebuah PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 13
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam mendengarkan penjelasan
guru mengenai jenis-jenis software yang akan digunakan
2. Siswa mendengarkan guru langkah- langkah pengoperasian sistem operasi, ter-masuk menjalankan dan menutup
sistem operasi
Menanya
1.
Siswa berdiskusi cara
menentukan jenis software yang akan digunakan dalam melaksanakan pengecekan
hasil instalasi sistem operasi
2.
Siswa berdiskusi dan
memperaktekkan langkah-langkah pengoperasian sistem operasi, ter-masuk
menjalankan dan menutup sistem operasi
Menalar
1.
Siswa mencari jenis-jenis software
yang dapat digunakan untuk mengecek hasil dari instalasi sistem operasi
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara individu atau kelompok
melaksanakan pengecekan hasil instalasi sistem operasi termasuk menjalankan
dan menutup sistem operasi pada sebuah PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 14
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mendengarkan guru langkah- langkah pengoperasian sistem operasi, ter-masuk menjalankan dan menutup
sistem operasi
Menanya
1.
Siswa berdiskusi dan
memperaktekkan langkah-langkah pengoperasian sistem operasi, ter-masuk
menjalankan dan menutup sistem operasi
Menalar
1.
Siswa mencari jenis-jenis software
yang dapat digunakan untuk mengecek hasil dari instalasi sistem operasi
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara individu atau kelompok
melaksanakan pengecekan hasil instalasi sistem operasi termasuk menjalankan
dan menutup sistem operasi pada sebuah PC
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
.................................................................... 2014
Mengetahui;
Kepala
SMK ............................................
.......................................................,
Guru
Mata Pelajaran,
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran : Instalasi Komputer
Kelas / Semester : X / Genap
Pertemuan Ke- : 15 s/d 17
Alokasi Waktu : 3 (3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Melakukan Instalasi Sistem Operasi
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang di anutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoria dalam
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas pesifik di
bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya.
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
1.4
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab dan disiplin dalam melakukan
trouble shooting
1.3.
Melakukan troubleshooting
a. Troubleshooting
dilakukan sesuai Installation Manual
1.4.
Mengatur komponen PC dalam melakukan
troubleshooting
a. Melaksanakan troubleshooting sesuai dengan
installation manual
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui membaca buku teks, penjelasan dan
praktek diharapkan peserta didik mampu melakukan troubleshooting
sesuai Installation Manual
D.
Materi Pembelajaran
1.
Jenis-jenis troubleshooting
pada sistem operasi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f.
Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 15
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang terjadi
pada sistem operasi
Menanya
1.
Siswa berdikusi cara menangani
troubleshooting
Menalar
1.
Siswa mencari data tentang cara
penanganan troubleshooting
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara berkelompok mengatur PC yang mengalami troubleshooting dan melaksanakan penanganan
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 16
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang
terjadi pada sistem operasi
2. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengecek hasil instalasi sistem operasi
Menanya
1.
Siswa berdikusi cara menangani
troubleshooting
2.
Siswa berdiskusi cara
mengecek hasil instalasi sistem operasi
Menalar
1.
Siswa mencari data tentang cara
penanganan troubleshooting
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara berkelompok mengatur PC yang mengalami troubleshooting dan melaksanakan penanganan
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 17
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengecek hasil instalasi sistem operasi
Menanya
1.
Siswa berdiskusi cara
mengecek hasil instalasi sistem operasi
2.
Siswa berdiskusi cara melakukan penanganan terhadap trouble shooting pada sebuah PC
Menalar
1.
Siswa mencari data tentang cara
penanganan troubleshooting
Mengomunikasikan
1.
Siswa secara berkelompok mengatur PC yang mengalami troubleshooting dan melaksanakan penanganan
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan
dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
.............................................................. 2014
Mengetahui;
Kepala
SMK ..........................................
......................................................,
Guru
Mata Pelajaran,
............................................................... ...........................................................
No comments:
Post a Comment